Kamis, 17 September 2009

Beternak Ayam Bangkok sebagai Hobis

Mula-mula sekadar hobi. Ternyata mendatangkan rezeki di kemudian hari. Budi [26] warga Desa Surodakan, Kecamatan Kota, Kabupaten Trenggalek semula hanya karena suka saja, memelihara ayam bangkok sebagai ayam aduan. Tapi, tanpa disangka sebelumnya, hobi itu kini telah berkembang jadi hobis (hobi sekaligus bisnis) yang diandalkan.

Tahun 2000 Budi memelihara 5 ekor ayam bangkok yang masih anakan [3 jantan dan 2 betina]. Setelah dipelihara sekitar 7 bulan ternyata yang jantan sudah siap untuk dilatih sebagai ayam aduan. Di sisi lain, ternyata betinanya juga baik sebagai indukan. Setahun kemudian, dari 5 ekor ayam berkembang biak jadi 30 ekor. Memasuki tahun 2003 Budi berinisiatif mengembangkan peternakan ayam bangkok-nya tidak lagi sekadar sebagai hobi, melainkan sebagai bisnis yang menguntungkan dengan cara menjual anakan yang berumur 3 – 4 bulan sebagai ayam goreng.

’’Ternyata menjual ayam bangkok yangmasih berumur 3 – 4 bulan lebih menguntungkan,’’ ujarnya. Sementara pakan dari ayam adalah bekatul dan jagung yang telah digiling. Saat ini ayam Bangkok Budi kalau ditotal tak kurang dari 200 ekor. Terdiri 25 ekor pejantan aduan dan sisanya adalah sortiran, yang terus dipelihara sebagai stok untuk kemudian disetor ke penjual ayam goreng.

Tahan Penyakit

Memelihara ayam bangkok tidak serumit yang dibayangkan orang. Yang penting saat anak ayam berumur 1 minggu diberi faksin cukup sekali saja. Karena dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, ayam bangkok memeiliki daya tahan cukup baik terhadap serangan penyakit.

Pemasaran ayam bangkok juga sangat mudah, cukup dijual ke pasar atau ke penjual ayam goreng. Rata-rata setiap bulan Budi melepas 15 sampai 20 ekor ayam yang berumur 3 – 4 bulan. Setiap ekornya seharga Rp 15.000 – Rp 17.500. Sedang jantan sebagai ayamm aduan rata-rata 2 ekor per bulan dengan kisaran harga Rp 200.000 – Rp 250.000/ekor. Dari 200 ekor ayam habis pakan senilai sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000/bulan.

Bila dikalkulasi, dari usaha ternak ayam ini Budi rata-rata per bulan dapat mengantongi untung bersih Rp 600.000 – Rp 650.000. Belum lagi kalau terjadi kenaikan harga ayam dan permintaan ayam aduan yang cukup tinggi. Setiap bulan penghasilan bersih bisa mencapai Rp 1 juta.

Budi yang lulusan SMA ini semakin giat menekuni hobinya. Ternyata memelihara ayam bangkok lebih menguntungkan. Selain harganya tinggi dibanding ayam jenis lain, juga memiliki daya tahan terhadap penyakit. [PURWO]

17 komentar:

baguse mengatakan...

sblume perkenalkan nama saya bagus,klo boleh saya minta alamat lengkape mas budi.? saya jg penggemar berat ayam bangkok...sapa tau suatu saat nanti saya bisa mengunjungi mas budi untuk sekedar berbagi informasi seputar ayam bangkok...trima kasih

Anonim mengatakan...

ni tia, anak lampung, saya adalah cewek penggemar ayam bangkok. ayam bangkok yang saya pelihara adalah ayam bangkok jambul. say bewiraswasta ayam bangkok ini untuk membantu kedua orang tua saya. saya masih kuliah di universitas muhammadiyah metro. mas budi tolong bantu saya untuk lebih bisa memasarkan ayam bangkok saya sampai kemana-mana bahkan saya berkeinginan untuk membuat suatu penelitian tentang ayam bangkok yang selama ini dianggap oleh banyak orang hanya dinilai kurang menyenagkan. saya ingin memunculkan jiwa kewirausahaan kepada semua orang bahwa ayam bangkok itu selain menyenangkan juga dapat menghasilkan uang yang melimpah. mohon beri pengarahan

Anonim mengatakan...

nama saya prast... tolong dikasih saran ya........kenapa tiap kali saya punya betina ayam bangkok, tiap kali bertelur pasti mati? tidak sakit, pagi sampai sore sehat tapi malam harinya mati, tapi anehnya pejantannya tidak apa apa... mohon sarannya ya.... thx

Anonim mengatakan...

oh ya akan lebih mudah bila saya di sms lewat nomor hp saya... 081392621199... selanjutnya saya akan telf. maturnuwun sakderengipun

Andi Arifin mengatakan...

Ass_
nama sya andi_

Mahasiswa dari STIKES Genggong Probolinggo.
di karnakan kegiatankampus yang terlalu padat sehingga sy sulit untuk mengatur waktu, apalagi untuk brbisnis.
nah ketika sya baca blog ini, sya rasa, sya bisa melakukan bisnis ini tanpa mengganggu aktivitas belajar sya.
namun untuk cara berkiprah dalam berternak sya masih kurang faham.

alangkah bahagianya jika maz budi mau membantu sya.

sya minta tolong bagaimana beternak ayam bangkok yang sudah di alami mas budi?
untuk mempermuda komonikasinya_
ini no Hp Saya 085746636687.
dan imael sya_ (andi_arofah@yahoo.com)_

Matur nuwun.....
wasss________

ari wibowo mengatakan...

Perkenalkan nama saya ari,saya tinggal dijogya, no Hp.081355357308
Saya jga penggemar ayam bangkok tp bru pemula,saat ini sya memiliki 4 ekor betina n 1 ekor jantan.rencna sya kedepan saya akan menjual DOC (anakanx). yang saya mau tanyakan bagaimana cra meningkatkan produktivitas dan kwalitas telur yg baik. klu bleh tau tretmen khusus apa yg perlu dlakukan.(jamu apa yg diberikan).
Tolong kebijaksanaannya untuk membantu. Terima kasih

Anonim mengatakan...

wah saya juga pengemar ayam bangkok, mertua saya ada 8 ayam bangkok usia 1 tahunan..tapi ya sekedar untuk hobi..ehh satu lagi saya ada info :dapatkan $10, cukup dengan sign up di http://www.imcrew.com/?r=49413
dicopy paste aja link diatas pada address bar di browser
promo Im Crew dari WORDPRESS berlaku sampai 1 agustus,
buruan.....

Anonim mengatakan...

saya sabaruddin saya sangat menggemari ayam bangkok saya pernah ternak tetapi karena saya dimutasi ternak saya dibeli rekan kerja di tempat baru saya susah mendapatkan ayam bangkok yang baik kalau mas budi atau rekan rekan bisa bantu saya sangat berterimakasih .agar dapat ber komunikasi ini no hp saya
081341550404

Buser mengatakan...

Mas mohon petunjuk saya juga penghobi ayam bangkok an saya punya keinginan untuk beternak dan memiliki Pejantan 1 serta babon 2, apa kiat supaya beternak saya tersebut berhasil dan menghasilkan ayam jawara serta bagaimana penerapan kandang ayam tersebut apakah ada contoh gambarnya trims. .

Anonim mengatakan...

menawi tumbas kuthuk-e wonten pundi?

Anonim mengatakan...

Saya Danu :
Ayah saya pernah memelihara Ayam bangkok dan dulu pernah mencapai 100 ekor, karena ada salah satu ayam yang mati maka yang lainya juga mati.
Ini saya baru menjalankan ternak ini lagi ?
Oh ya, saya mau minta bantuannya bagaimana cara dan tempat pemasaran Ayam bangkoknya, karena rumah saya diNgawi Jatim ?
Nope Saya :
085735987243

Anonim mengatakan...

bagi teman2 yg pgen tau lebih banyak ttg ayam bangkok,seputar pembiakan,penykit,latihan ataupun mmilih ayam bangkok yg bagus dll,bsa lgsung msuk ke
ayamlaga.com
aja,dsitu kumpulan senior2 yg sarat ilmu dn pengalaman.thx.

ANJAS mengatakan...

ni anjas

gimana sih caranya milih betina indukan yang bagus sama pejantan petarung
dan kira - kira bisnis ayam bangkok itu omset perbulan berapa ya.......!!!!!!!!!!
dan ciri-ciri pejantan yang buat aduan gimana ya

rizal mengatakan...

sekarang kan lgi gencar2nya penyakit flu burung....?apa mas budi masih tetep utuh ternak nya...?klo emang bisa atasin gmna caranya...?krna saya baru ingin mulai jujur saya takut....terus apa mas budi jual induk&pejantan nya...cos aku lgi nyari.....dan berapa harga nya..ni no hp saya 082131522685

rizal mengatakan...

apa sampai detik hari bulan tahun ini mas budi masih trnak ayam bangkok......?klo ada waktu apa saya boleh main k,sana...?

daniel jimmy gozal mengatakan...

Salam kenal Bos, z daniel. apa bos masih ada stok ayam bangkok 1 pasang buat z? kalo ada z mau pesan. tetapi apa ayam nya bisa d kirim sampai ke tempat z? krn z sekarang berada d jayapura

daniel jimmy gozal mengatakan...

kalo bisa bos tolong balas via email. krn z sekarang ada mencarri ayam bangkok untuk d jadikan sebagai pejantanphasin