Jumat, 18 September 2009

Berwisata sambil Kulakan Ikan

Jika berminat buka rumah makan dengan menu khas hasil laut (berbagai jenis ikan, cumi-cumi, udang, teri, dan sebagainya) Prigi adalah tempat yang bisa Anda pertimbangkan untuk kulakan. Sekali waktu Anda bisa datang melakukan pengamatan, dan menikmati pemandangan alamnya yang menyegarkan jiwa!

Prigi adalah kawasan pantai (bagian selatan Pulau Jawa), persisnya terletak di Desa Tasik Madu, Kecamatan Watulima, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Tak sampai 50 km kea rah selatan dari pusat pemerintahan Kabupaten Trenggalek. Jika Anda dari arah Surabaya, sebelum masuk kota, persisnya di Kecamatan Durenan ada pertigaan (di situ ada pasar dan terminal) beloklah ke kiri, Anda sudah berada di jalur yang benar: menuju Pantai Prigi. Jika naik kendaraan umum, ongkosnya sekitar Rp 8.000.

Jalan menuju pantai beraspal dan berkelok-kelok naik-turun. Di kiri-kanan sepanjang jalan terbentang pemandangan alam, perkampunganm sawah, hutan, dan pegunungan yang indah.

Semakin mendekati pantai sebelum masuk dataran rendah banyak pohon durian di sepanjang tepi jalan. Bila kebetulan musim berbuah, banyak warung durian di tepi jalan, dan Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh atau pun dinikmati di tempat sambil beristirahat.

Sampai di Pantai Wisatawan akan di sambut deburan ombak pantai selatan.Pemandangan yang khas dari pantai ini adalah suasana lalu lalang perahu para nelayan di Pelabuhan nusantara serta adanya TPI, wisatawan dapat menyaksikan bahkan membeli ikan yang masih segar untuk oleh-oleh .

Untuk bersantai ria di sebelah barat Pelabuhan inilah tempatnya. Pantainya relatif bersih dari sampah, ada sarana untuk berkemah, yang ingin sekedar jalan-jalan tersedia jalur aspal di sepanjang tepi Pantai. Bagi yang ingin istirahat sambil duduk-duduk menikmati indahnya deburan ombak telah tersedia banyak tepat duduk semacam gardu pandang

Yang tidak kalah menarik di lokasi ini dapat menyaksikan nelayan yang lagi menarik jaring ( jaring tarik) uniknya yang menarik jaring itu adalah para wanita,satu jaring biasanya di tarik oleh 30 sampai 40 0rang dari sekian itu laki-lakinya hanya 8 orang. yang tugasnya merapikan jaring dan menangani ikan setelah sampai di bibir pantai.

Pantai Karang Gongso
Pantai ini jaraknya hanya 3 Km kearah timur dari Pantai Prigi, Keistimewaannya adalah bentangan pasir putihnya sepanjang 1.5 Km.Di pantai ini Wisatawan bisa berengan karena air dan ombaknya relatif jernih dan tenang.

Keistimewaan lain kawasan ini kebersihannya selalu terjaga, tidak akan ada tumpukan sampah yang terlihat. Untuk wisatawan yang sengaja untuk bermalas-malasan sambil menikmati makanan dan minuman juga tersedia kedai-kedai yang diatur berjejer rapi di tepi Pantai. Sejumlah tempat duduk juga di tempatkan diantara pepohonan yang rindang,sehingga sangat nyaman untuk digunakan untuk duduk santai atau bahkan tidur-tiduran.

Adapun sarana lain yang tersedia adalah jembatan pemancingan bagi yang punya hoby memancing. Juga tersedia perahu –perahu sewaan yang siap mengantar Wisatawan menikmati panorama dari tengah laut.

Wisatawan yang berkunjung sebaiknya tidak lupa untuk menikmati makanan khas pantai yaitu ikan bakar. Disini bisa milih sendiri jenis ikan yang sesuai dengan selera, hargannyapun relative murah. [pur]

0 komentar: