Sabtu, 19 September 2009

Menguliahkan Anak dengan Bunga [2]

Bougenville: Untungnya Bisa 150 Persen

Bougenville menjadi pilihan utama para pengusaha bunga di Desa Banjarejo dan Desa Rembang, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, di samping adenium. Sekitar 95 persen bunga yang ditanam Supiono, misalnya, adalah bougenville.


’’Saya memilih bougenville karena ngurusnya mudah sekali. Hanya perlu tanah kompos dicampur tanah liat, dan menyiraminya setiap sore. Juga tidak memerlukan obat-obatan dan ongkosnya sangat murah,’’ papar Supiono.

Dalam menjalankan usaha bisnisnya, Supiono tidak melakukan pembibitan sendiri. Ia membeli batang bougenville dengan harga bervariasi, bergantung pada besar-kecilnya batang, berkisar antara Rp 5.000 – Rp 130.000.

Batang kecil yang dibeli dengan harga Rp 5.000, dirawat Supiono selama 3 hingga 4 bulan.

’’Setelah dirawat 3-4 bulan, bunga itu kemudian akan laku minimal Rp 15.000. Padahal, ongkos perawatan hanya sekitar Rp 300,” kata Supiono tegas.

Pekerjaan yang dilakukan Supiono terhadap bunga-bunganya, selain menyiraminya, adalah melakukan okulasi. Dengan telaten, lelaki 53 tahun itu mengokulasi bougenvillenya untuk mendapatkan jenis bougenville seperti yang diharapkan. Ada satu tanaman berbunga ungu dan putih. Ada yang berbunga ungu, putih, dan merah tua. Ada yang berbunga unggu, putih, merah tua, merah muda, dan sebagainya.

’’Di sini bougenville ada warna unggu, putih, merah tua, merah muda, kuning, dan oranye. Warna-warna itu bisa dipadu-padukan. Banyaknya warna dalam satu pohon juga menentukan besarnya harga,’’ jelas bapak dua orang anak itu.

Namun, tidak hanya itu penentu tinggi-rendahnya harga jual. Menurut Supiono, bentuk atau keindahan juga menentukan tinggi-rendahnya harga. Karena itu, Supiono dengan ketekuannya selalu berusaha untuk membentuk bougenvillenya dengan seindah-indahnya. Lamanya perawatan juga menentukan harga jual.

Ditanya tentang omzet, Supiono tidak dapat menyebutkan secara pasti. Baginya, bisnis bunga itu hanyalah bisnis sampingan, berbeda dengan kebanyakan tetangganya. Namun, Supiono menyebut dalam 1 bulan penghasilannya dari bunga minimal Rp1.500.000.[kus]

0 komentar: