Minggu, 20 September 2009

Inul Daratista Buka Bisnis Karaoke


Merasa kariernya mulai redup, Inul Daratista telah punya program untuk masa depan dengan membangun bisnis kafe karaoke. Pengunjung pun membanjir. Harapannya, dalam setahun bisa balik modal.Tak puas hanya dengan karaoke, Inul juga sedang ’’ngebor’’ bidang bisnis lainnya. Apa saja?

Bersama suaminya, Adam Suseno, Inul membuka bisnis kafe karaoke dengan label Inul Vizta. Lokasinya di pusat perbelanjaan Kelapa Gading. Inul Vizta menyediakan dua puluh ruangan sebagai tempat berkaraoke. ’’Ini untuk tabungan hari tua kalau sudah enggak laku lagi,’’ ujar Inul dengan tawa renyah ditemui saat berkunjung ke Surabaya beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan tempat karaoke lainnya, Inul melengkapi fasilitas karaokenya dengan jasa merekam aksi panggung para pelanggan. Segala macam gaya dan polah pengunjung kala menyanyikan lagu-lagu kesayangan dapat sekaligus terekam. Enaknya lagi, Anda juga bisa langsung membawa pulang hasil rekaman baik dalam bentuk foto dan/atau VCD. Kalau masih kurang puas dengan VCD yang hanya bisa dinikmati saat di rumah, suara Anda pun bisa dijadikan nada dering panggilan telepon seluler. ’’Pokoknya beda dan asyik buanget,’’ ujar Inul dengan logat Surabaya. Inul mengaku keluar modal Rp 4 miliar untuk membangun kafe karaoke dengan 38 kamar karaoke tersebut.

Kulakan dari Korea
Investasi hingga Rp 4 miliar, kata Adam, karena mereka harus mendatangkan berbagai peralatan karaoke dari Korea. Inul pun menambahkan bahwa peralatan impor tersebut termasuk barang canggih abad ini. ’’Enggak perlu pakai operator. Semuanya bisa jalan sendiri,’’ jelas Inul.

Menurut Adam, biaya untuk mendapatkan rekaman VCD tidaklah mahal. ’’Tinggal tambah biaya karaoke saja. Tidak sampai Rp 50.000,’’ imbuh pria berkumis lebat ini. Sementara itu, tarif berkaraoke di Inul Vizta berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 140.000 per jam, tergantung ruangan yang kita pilih. Tarif termahal berlaku untuk ruangan VIP yang mampu memuat 20 sampai 30 orang.

Oh ya, fasilitas lainnya bisa diperoleh gratis asal tagihan lebih dari Rp100.000. ’’Selain bisa berfoto gratis, pengunjung juga mendapat kenang-kenangan mug bergambar Inul,’’ kata Adam berpromosi. Kalau pengunjung ingin memperoleh merchandise Inul lainnya seperti topi, kaos, mug, dan berbagai foto Inul, barang-barang tersebut bisa juga diperoleh di karaoke ini. ’’Buat nyenengin penggemar. Saya kan tidak bisa tiap hari datang,’’ ujar Inul bangga.

Lebarkan Sayap
Boleh jadi, banyaknya pengunjung yang memadati 38 ruangan karaoke Inul Vizta membuat Adam yakin bakal balik modal dalam waktu dekat. Ia bahkan berani mengubah target balik modal yang semula 1,5 tahun menjadi lebih cepat. ’’Insya Allah, setahun sudah bisa balik modal,’’ ujar Adam optimis.

Selain memajukan target waktu balik modal untuk Inul Vizta di Kelapa Gading, pasangan Inul dan Adam bakal melebarkan sayap bisnis karaokenya. Dalam waktu dekat Inul Vizta bakal punya cabang baru. Lokasi yang menjadi bidikan adalah Plaza Semanggi.

Selain sudah tentu kafe karaoke, pasangan ini juga tengah berusaha menggoyang bisnis lainnya yang sudah berjalan, yakni butik pakaian dan toko yang menjual pernak-pernik seluler di kampung halamannya, Pasuruan-Jawa Timur. ’’Saya akan terus tambah modal agar maju dan besar,’’ ujar Inul.

Tak hanya itu. Agar duitnya cepat beranak-pinak, Inul dan Adam juga akan menambah deretan usaha mereka dalam waktu dekat. Pasangan ini juga berencana akan mendirikan SPBU. Meski tinggal sebentar lagi, keduanya enggan membuka mulut tentang lokasi SPBU-nya. ’’Lihat saja nanti. Ini masih menjadi rahasia berdua,’’ ujar Adam mewakili sang istri.

Selain SPBU, pasangan ini pun diam-diam tengah menjajaki untuk mendirikan stasiun teve. Untuk usaha ini, pasangan ini akan berpatungan dengan teman-teman mereka. ’’Enggak bisa sendiri, duitnya dari mana?’’ kata Adam. Saat ini stasiun teve itu baru dalam tahap pembicaraan. Asyik dong kalau punya teve sendiri, tak perlu takut disensor kalau lagi goyang ngebor, ya! [KD/6-1]

0 komentar: