Jumat, 25 September 2009

Sate Kobra [2]

Sate Kobra dan Vitalitas Laki-laki

Ular kobra adalah hewan berbisa yang sangat mematikan. Hanya ada sedikit orang yang terpikir untuk memelihara apalagi memakannya. Tapi siapa sangka bagian-bagian tubuhnya justru sangat bermanfaat bagi kesehatan? Agoes Pramono adalah salah satu orang yang berani ‘bermain’ dengan ular dan membuka kedai sate kobra yang dijaganya sendiri di jalan Raya Gubeng, Surabaya. Seperti apakah sate kobra itu?


Pertama kali melihat sate kobra, sepintas akan terlihat seperti sate biasa. Disajikan dalam tusukan bambu dengan bumbu kecap membuat orang tanpa ragu bakal langsung menyantapnya. Memang, dagingnya terasa lebih kenyal daripada daging ayam. Tapi rasanya tidak kalah lezat.

’’Darah kobra punya banyak manfaat, bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam seperti maag, asam urat dan diabetes,’’ ungkap Agoes.

Darah kobra ini bisa membantu menetralisir racun dalam tubuh. Selain itu, darah kobra juga dapat membantu menstabilkan metabolisme tubuh, sebagai vitalitas dan meningkatkan kejantanan cowok.

Selain sate kobra, kedainya juga menyediakan variasi lain, yaitu sate biawak. Selain diolah menjadi sate, ular kobra dan biawak juga dibumbu rica-rica. Cara mengolahnya, pertama daging digoreng. Lalu diberi bumbu kecap akan menggugah selera orang yang melihat untuk segera menyantapnya.

Bagi yang nggak punya banyak waktu atau nggak berselera untuk memakannya dalam bentuk makanan, Agoes juga menyediakannya dalam bentuk seduhan jamu. Jamu ini diolah dari empedu, sumsum, dan darah ular kobra. Tapi, jangan khawatir untuk meminumnya. Sebab, meski terbuat dari darah, sumsum dan empedu kobra, tapi rasanya tidak seamis yang dibayangkan. Agoes punya cara tersendiri untuk meramu jamu bikinanya itu. Sayang, dia tak mau membagi resepnya.

’’Ini bisa meningkatkan kejantanan lho,’’ selorohnya sambil menunjukkan sebuah artikel dari majalah yang pernah mengulas khasiat jamunya untuk kejantanan pria.

Selain sate dan jamu, Agoes juga menyediakan minyak yang diambil dari daging kobra, bulus dan biawak. ’’Kalau biawak ini khasiatnya bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit asma dan membantu menyembuhkan alergi,’’ ungkapnya.
Beraneka jenis sajian itu bisa dinikmati dengan harga yang tidak terlalu mahal. Untuk dapat menikmati paket jamu, Anda cukup merogoh kocek Rp 50 ribu setiap paketnya. Sedangkan untuk sate hanya Rp 20 ribu per bungkus.

Kalau masakan rica-rica lebih murah lagi, cukup dengan Rp 10 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati kelezatan dan khasiatnya. Karena harganya sangat murah itulah yang memancing orang untuk beramai-ramai menikmatinya. Tak heran, Agoes dapat meraih keuntungan bersih sekitar Rp 3 juta per bulan yang digunakannya untuk menyekolahkan ketujuh anaknya. [NUY]

0 komentar: