Jumat, 25 September 2009

Yuliati, 50 Tahun Tekuni Bisnis Rias Pengantin

Buka Kursus Rias, Masak, dan Membuat Aksesoris

KETEKUNAN, keuletan dan kerja keras adalah modal utama yang dimiliki Yuliati, pemilik Yulia Sanggar Rias dan Salon. Karena itu, wanita kelahiran 20 Juli 1940 ini bisa eksis selama 50 tahun berkarya dalam bisnis wedding, yang memang sudah sejak lama ia gemari.

’’Saya sangat senang dengan dunia fashion dan kecantikan. Kok rasanya kagum melihat orang-orang jadi lebih cantik ketika usai didandani. Karena itu saya berkomitmen akan terus menjalankan bisnis ini dengan sungguh-sungguh,’’ ujarnya mengawali pembicaraan tentang awal menekuni bidang ini.

Istri Katib dengan tiga anak ini lalu menuturkan, bahwa Jl. SMEA, (dekat SMA Khatidjah, Wonokromo, Surabaya) itu bukanlah tempat pertama ia mengawali usahanya. Dulu, pada 1957 Yuliati mengawalinya membuka sekolah dengan nama Praktis Modes. Sekolahnya itu menjadi salah satu sekolah modes yang disegani di Surabaya. Saat itu lokasinya, di Jl. Karang Rejo III/ 22 Surabaya.

’’Tahun itu, rasanya kok cuma sekolah modes milik saya yang mengenakan seragam. Dan saya masih ingat betul, tempat saya sampai penuh sesak karena banyaknya peminat kursus,’’ kenangnya.

Kemudian tahun 1967 Yuliati pindah ke Jl. Stasiun Wonokromo dan berlanjut di Raya Wonokromo. Baru pada tahun 1983, Yuliati memilih tempat di Jl. SMEA, hingga sekarang.
Seiring dengan perkembangan, Yuliati kemudian mencoba melengkapi sanggarnya. Dengan les memasak, membuat kue dan ketrampilan lain, berupa membuat aksesoris dan manik-manik pengantin.

Kini, rumah usaha Yuliati yang menempati lahan sekitar 6 x 12 meter itu, semakin berkembang dengan terus melakukan terobosan berupa paket Rias Pengantin dengan harga mulai Rp 15 juta. ’’Semua itu all in, termasuk busana dan rias pengantinnya,’’ ujarnya. Selain itu untuk make up, juga disediakan paket wisudawan, acara khusus dan pesta. ’’Andalan kami adalah pelayanan yang berkualitas. Karena kami ingin, semua konsumen kami menjadi puas,’’ ungkapnya.

Mengenai konsumen, menurutnya datang dari beragam kalangan. Pengusaha, pegawai bahkan ada jutawan pernah mencicipi sentuhan tangan Yuliati. Secara spesifik, Yuliati mengaku lebih suka mengerjakan busana pengantin tradisional dengan bahan kain tile dan bludru. Ini terbukti dengan ratusan koleksi yang terpajang di etalase. “Sebenarnya kami bisa mengerjakan semua yang terkait dengan pengantin atau hajatan lain. Tapi yang banyak memang yang bertema tradisional,” katanya.

Beragam penghargaan pernah Yuliati raih. Namun yang menurutnya paling berkesan adalah saat 2004, dimana ia bersama beberapa pengusaha lain di Surabaya menerima peniti emas di Jakarta dalam even bertema Beauty Revolution 2004. ’’Saya sangat bangga sekali, bisa menjadi bagian dalam penerimaan penghargaan itu,’’ katanya penuh bangga.

Meskipun usahanya cukup lama berkembang, namun suka duka dan pasang surut, juga sempat ia alami. Dan ia masih ingat, ketika tahun 2005 suaminya sakit dan disusul dirinya satu tahun berikutnya. ’’Bahkan saya sempat opname lho. Keadaan ini sempat membuat kegiatan Yuliati berkurang. Tapi, kami terus berusaha agar kembali eksis dan semakin berkembang,’’ imbuhnya.

Tapi itu tak membuat ia jadi patah semangat. Dengan kerja keras dan dedikasi tinggi, ia berupaya terus memajukan usahanya. ’’Anda lihat sendiri, meskipun usia saya sudah 67 tahun, saya masih terus berkarya dan berkreasi. Ini adalah dunia saya. Dunia yang memang sangat saya cintai,” tuturnya.

Meski sibuk dengan usahanya, Yuliati ternyata juga telah ’memiliki’ generasi yang bakal meneruskan usahanya. Setidaknya ada dua anaknya, Diah Anggraini dan Indah Sulistiyawati serta menantunya Ery Vivi Damayanti yang siap meneruskan usahanya. Bahkan, mereka telah mengembangkan sayap dengan menambah usaha di bidang foto. [DEWI]

3 komentar:

venus mengatakan...

saya berminat sekali mau ikutan kursus rias pengantin coz saya senang sekali kalau udah di suruh merias wajah orang,mohon info alamat lengkap tempat kursussnya ya, terimakasih

venus mengatakan...

saya sangat berminat mengikuti kursus rias pengantin, mohon info alamat lengkap tempat kursusnya....terimakasih

Anonim mengatakan...

Sungguh hebat perjalanan usahanya.saya ingin kursus kepada ibu,..bagaimana saya bs mndapatkan informasi tersebut?terima kasih.
Email : sweety_rumbey@yahoo.com