Minggu, 20 September 2009

Bisnis Jasa Perlengkapan Pernikahan [2]

One Stop Service

Hebatnya wedding organizer! Mintalah yang tak mereka punya, dan mereka akan memberikannya! Maka, bisnis yang satu ini jadi semakin menarik. Di bisnis ini, kompetiror lebih sering menjadi kawan yang bisa diajak kerjasama saling menguntungkan.


Sudah sejak 5 tahun lalu Hj. Jetty Hanaf menggeluti usaha wedding organizer. Ia menyediakan segala keperluan pesta pernikahan secara lengkap. Mulai kebutuhan acara siraman, widodaren, akad nikah dan resepsi. Selain melayani kebutuhan tata rias dan busana, usaha milik wanita yang akrab dipanggil Hj. Jetty dinamakan Firs Wedding Organizer ini juga melayani pembuatan undangan dan souvenir [cinderamata], penyewaan alat pesta, singgasana pengantin, dan catering, penyediaan gedung, electone, hingga karawitan.

Ia mengawali usaha ini dari mulai nol. Hj. Jetty dulu hanya menyediakan persewaan tata rias dan busana pengantin saja. Namun seiring berkembangnya permintaan, ia mulai menyediakan perlengkapan pernikahan lainnya. ’’Saya menyebut usaha saya ini one stop service, artinya semua bisa dilengkapi disini. Tinggal maunya calon pengantin apa saya bisa sediakan,’’ ungkapnya ramah.

Paket
Agar tak bingung, biasanya Hj. Jetty sudah menyediakan harga paket untuk pesta pernikahan lengkap. Mulai paket yang sederhana seharga Rp 2,5 juta hingga puluhan juta rupiah tersedia.

Paket yang paling murah terdiri dari tata rias dan sewa busana saja. Sedangkan yang termahal mulai siraman hingga pesta pernikahan lengkap dengan gedung dan kateringnya. Namun bila ada yang hanya ingin mengambil harga satuan saja diperbolehkan. Misalnya menyewa perlengkapan catering saja, atau menyewa terop dan kursi, hingga menyewa sound systemnya saja.

’’Memang kalau menyewa satuan jatuhnya lebih mahal ketimbang menyewa borongan. Meski begitu saya tetap akan layani dengan baik,’’ terang wanita yang masih cantik di usianya yang ke-40 ini.

Harga sewanya bervariasi. Untuk perlengkapan catering, Hj. Jetty menyediakan persewaan peralatan catering secara lengkap mulai sendok, garpu, piring, gelas, peralatan masak seperti panci hingga kompor gas. Sendok-garpu disewakan mulai Rp 100 per biji. Sementara piring mulai Rp 500 – Rp 10 ribu. Sementara panci dihargai mulai Rp 2.000 – Rp 20 ribu.

Sound system disewakan mulai Rp 800 ribu hingga Rp 2,5 juta. Terop disewakan mulai Rp 150 ribu – Rp 2,5 juta. ’’Yang paling mahal terop dua rangkap warna putih berhias bunga-bunga, per terop Rp 2,5 juta,’’ sambungnya. Ada pula singgasana pengantin lengkap dengan rangkaian bunga yang dihargai mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 15 juta.

’Harga’ Penyanyi
Sedangkan untuk electone plus pemain dan penyanyinya ia menghargai mulai Rp 1 juta. Perangkat karawitan lebih mahal sekitar 2,5 juta-10 juta apabila plus wayang dan dalangnya. Hj. Jetty juga menyediakan musik gambus ala Arab beserta penyanyi yang biasa ditanggap saat Ramadhan dan halal bihalal mulai Rp 1,5 juta.

’’Pokoknya semua ada. Makanya saya punya prinsip one stop service karena saya menyediakan semua kebutuhan sesuai keinginan customer,’’ terangnya.

Uniknya, apabila beberapa keperluan yang diminta calon pengantin tidak ada, ia bisa pula menyediakannya. Caranya dengan menyewakan barang yang dibutuhkan lewat temannya atau istilahnya di sub-kan. Oleh karena itu Hj. Jetty punya hubungan yang erat dengan sesama pelaku bisnis atau kompetitor di bisnis yang sama. Tak jarang mereka sering bertukar barang untuk disewakan.

’’Berhubungan baik dengan sesama pengusaha di bidang ini tak pernah ada ruginya. Bahkan, banyak untungnya karena bisa saling bertukar sewa barang saat butuh,’’ urainya. Kedepan Hj. Jetty optimistis bisnis ini sangat menguntungkan meski masa panen tak tentu. [KD/6-1]

Jenis usaha: penyedia jasa perlengkapan pesta
Modal awal: Rp15 juta
Omzet per bulan: Rp 10-50 juta
Biaya operasional: Rp 5juta
Jumlah karyawan: 20 orang part time
Kiat sukses: menjaga hubungan baik dengan kompetitor

0 komentar: