Minggu, 20 September 2009

Bisnis Kue Kering [2]

Adakan Acara Khusus: Ngincipi

Lebaran bisa membawa berkah buat siapa saja, terutama pembuat kue dan makanan. Mengingat budaya Indonesia yang selalu menyediakan aneka makanan kecil di meja tamu saat Lebaran tiba, maka bisnis kue selalu booming menjelang Lebaran.


Adalah Hanata Catering milik wanita asal Padang, Ny GT Hanafie. Usaha yang bergerak di bidang catering ini saat memasuki bulan puasa alih profesi menjadi pengusaha kue. Tak tanggung-tanggung, setiap bulan ia mengaku bisa menjual sebanyak 1.500 toples kue yang dipesan maupun yang dijual ke toko-toko kue di kawasan Surabaya dan sekitarnya.

’’Kalau puasa khan sepi order katering, akhirnya saya alih profesi membuat kue saja. Dan alhamdulillah hingga sekarang hasilnya lumayan dan bisa memberi THR pada karyawan saya,’’ ungkapnya.

Bahkan, untuk memuaskan selera calon pembeli, Hanata Catering yang bertempat di daerah Joyoboyo ini, setiap bulannya selalu mengadakan acara test food. Dalam acara ini Hanata Catering selalu mengundang pelanggan dan calon pelanggannya untuk mencicipi aneka menu dan kue-kue yang mereka buat.

’’Test food kami adakan untuk meningkatkan hubungan antara Hanata Catering dengan pelanggannya,’’ katanya

Dengan terselenggaranya acara tersebut, hubungan antara Hanata Catering dengan pelanggan tetap terus terjaga. Sekaligus dapat membentuk suatu hubungan yang baru dengan calon pelanggan lainnya.

Usaha yang dijalankan pada awal 90-an ini mulanya hanya berkonsentrasi pada pemenuhan langganan katering di kalangan karyawan.

Seiring bertambahnya waktu, Hanata Catering mulai melebarkan sayap ke bisnis katering untuk pesta. Bermodalkan Rp 2 juta Hanata Catering saat ini sudah beromzet Rp 50 - 100 juta/bulan. Khusus untuk berjualan kue kering, setiap bulan Ny Hanafie bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 20 - 50 juta per bulan.

Selain mempergunakan bahan-bahan pilihan yang berkualitas, Hanata Catering juga mempunyai koki-koki pilihan dan profesional. Bahkan Hanata Catering mempunyai koki yang pernah menjabat sebagai Chef dari sebuah hotel bintang lima.

Hanata Catering tidak hanya melayani permintaan dalam kota saja, tetapi juga melayani permintaan luar kota.

Meski puasa sepi order katering dan hanya mengandalkan bisnis kue, namun beberapa kali ia sempat juga menerima order catering untuk buka puasa perusahaan.

Bila menu makanan untuk pesta lebih ke menu-menu makanan Amerika dan China. Maka untuk acara buka puasa paling banyak permintaan adalah menu-menu Arabian seperti kebab, gulai kambing, nasi kebuli, ditambah kolak atau es buah dan buah kurma.

Kue keringnya? Hanata Catering menyediakan kue kastangels, nastar, kue sagu, kue coklat, kue semprit dan masih banyak lagi.

Hanata Catering sendiri telah dipercaya oleh beberapa toko kue di Surabaya untuk menjadi supplier kue. Selain itu ia juga memiliki beberapa marketing lepas yang biasa menawarkan kue-kue kering buatannya ke kantor dan perusahaan.

’’Untuk Lebaran tahun ini kami sudah mulai membuat kue sekitar awal September. Namun, belanja bahan sudah mulai Agustus lalu. Pertengahan September hingga awal Oktober kue-kue tersebut sudah saya distribusikan ke beberapa toko,’’ terangnya. [KD/6-1]

0 komentar: