Selasa, 12 Februari 2008

BIOGRAFIKU


Nama asli gue sebenere Aliyah Purwati atau biasa dipanggil LYA.Nama Alryza sebenernya special..,he he he….Gue lahir di Rembang ( kota Kartini) 24 tahun silam,ya..udah lama lah gue ikut ngramein dunia ini hi hi hi…gue anak ke dua dari 3 bersaudara.Kakak perempuan satu dan seorang adhek cowok( 9 tahun),dan sampai sekarang masih berdomisili di Rembang juga.Masa-masa kecil gue sangatlah mengasyikan dan lucu banget.Maklum aja gue dulu nakal dan bandelnya minta ampun hi hi hi..sampek sekarang juga masih bandel kok ……..he he he….


Ceritanya tuh kayak gini……Tahun 1888 gue duduk di bangku kelas 1 SD,tanpa TK dulu.soalnya dulu pas gue liat temen-temen pada sekolah ,gue mah main ikut aja.Padahal masih BEGO nya minta ampun.Tapi gue cuek aja…Nah..dari kecil tuh orang-orang di sekitar gue pada bilang kalo gue nakal,bandel,cerewet dsb(dan saya bingung).sejak kecil gue udah senen bergaul ma anak2 cowok seumuran gue.Nggak tahu knpa.Kayaknya syik banget temenan ma cowok ketimbang cewek he he he….

Nah….waktu kelas 1 ma kelas 2 SD gue GOBLOG nya minta ampun.udah GOBLOG nakal lagi,hidup lagi….hua ha ha…Karna gue suka mukulin anak orang he he he..aduh jadi malu nih…Kalo inget aja gue pengen ketawa sendiri.Nah..pernah ada satu kejadian waktu kelas 2 ,pulang sekolah gue in ma temen2.waktu itu kita main loncat-loncatan.Nah….temen2 gue semuanya pada bisa melompat. Cuma gue doang yang nggak bisa .Kontan aja gue marah.”knpa mereka bisa dan gue nggak”.pikir gue waktu itu.

Tanpa pikir panjang lagi,gue langsung ndorong salah satu temen main gue,sampai dia jatuh dalam GOT dan kepalanya berdarah semua.Nah..dari situ orang2 sekampung gue pada rame banget.Ironisnya lagi…..nyokap temen gue yang gue dorong tadi,nuntut ma nyokap gue untuk ngebiayain pengobatannya itu.Nyokap gue juga nggak bisa berbuat apa-apa. Karna gue yang salah kok,and mau nggak mau kudu bayarin pengobatan temen gue tadi.Abis itu….nyokap gue mukulin gue abis-abisan. Tapi heranya ..esok harinya ya..ya kayak gitu lagi,nggak kapok-kapok gue tuh he he he….

Kelas 1 ma kelas 2 pokoknya gue parah2nya…males ,nakal dan…..Nah..kelas 3 SD ,gue mengalami peningkatan drastis.Udah mulai tahu malu dan nilai-nilai gue di sekolah juga naik drastis.Kelas 3 itu pula gue gencar-gencarnya seneng banget nyanyi.Waktu kelas 1 sih udah seneng,tapi paling juga naynyi kamar mandi he he he..Tapi kelas 3 SD gue dah mulai berani nyanyni di depan temen2 sekolah gue,sambil nge gaya he he he….dulu aja kalo Bu guru bulang”siapa anak2 yang berani nnyanyi di depan?” gue pasti anak pertama yang mengacungkan jari he he he…dulu gue suka banget ma lagu anak2.

Nah..lagu kenangan gue yang gue nyanyiin adalah “SEMUT-SEMUT KECIL” punyanya MELISSA. Pada tahu kan..hi hi hi..aduh gue jadi malu nih…Kelas 4 SD,gue mulai ikut ajang perlombaan.Waktu itu lomba baca puisi biasanya.Pertama kali gue menang tingkat kecamatan.Terus maju ke tingkat kabupaten.Dan gue menang se Kabupaten Rembang tahun 1992.Wah..seneng banget..terus bisa mewakili kabupaten untuk maju ke tingkat karisidenan. Nah ..di situ gue ada pengalaman lucu.ceritanya gini..Waktu gue menang se Kab-Rembang,ada seorang wartawan yang ingin mewancarai gue.Nah..gue apnik banget waktu itu.Maklum aja gue masih polos banget kan dulu nya he he he….

Terus….Bu Guru yang membimbing gue bilang gini”kalo nanti wartawannya nanya kamu,cita-citanya pengen jadi apa,kamu jawab saja pengen jadi GURU.”begitu kata Bu Guru Gue waktu itu.terus gue nanya ma Bu Guru”Lho Buk..kenapa mesti pengen jadi guru?”gue bertanya layaknya orang BEGO he he he…”Lho..kalo nggak ada guru kan nggak bakalan ada Presiden,nggak bakal ada Polisi dan lain2..” jawb Bu Guru.terus gue mikir iya juga ya..hi hi hi….Ya udah waktu wartawan dateng wawancara dan nanya soal cita2, gue jawab pengen jadi GURU beneran….sampek wartawan nya ngaka,waktu gue jelasin alasannya…..selang beberapa hari ternyata dari hasil wawancara tadi gue masuk ajdi profil majalah JAYABAYA tahun 1992.

Aduh..semua pada rame waktu gue masuk majalah ..he he he..maklum aja deh…..pengalaman pertama…Seneng banget deh pokoknya..udah gitu kalo abis lomba gitu,pasti ada hadiah dari sekolah..baju-baju bagus,sepatu..dan lainya..sampek temen2 gue di sekolah pada ngiri…tapi..waktu belajar tersita juga sih..karna kalo pas mau hari H gitu..pasti latihan sana sini…tapi gue enjoy aja,dan hal itu nggak ngganggu aktifitas gue di sekolah…Dalam tahun yang sama,gue mulai diajari untuk ngikut lomba-lomba nyanyi ma Bu Guru di sekolah.Waktu itu kelas 5 SD.pengalaman pertama ikut lomba nyanyi waktu DASA WARSA sekolah kakak gue di SLTP N 1 sumber Rembang.

Ternyata lawan2 gue kebanyakan anak2 SLTP ,yang anak SD bisa diitung.lagu kenangan gue yaitu”MUTIARA YANG HILANG” lagu nostsalgia itu lho..nah ada pengalaman lucu juga nih..gini waktu gue naik ke atas pentas..gue kan grogi banget..maklum aja pengalaman pertama he he he..nah…waktu mau nyanyi…gue bingung ..pas masuk suara gue udah nyanyai satu baris..tapi gue heran..kok nggak bunyi2.Ternyata MIX n ya belom gue on in.aduh..malu gue..gue tenga sana tengok sini….wajah gue kayak udang rebus kali ye…untung Cuma bentar….

Dari hasil lomba..gue bener2 nggak nyangka…kalo dari lawan2 gue yang rata2 anak 2 SLTP,ternyata gue menang juara 1.aduh…gue sampek loncat2 saking senengnya..Waduh..Bu Guru gue sampek nyiumin gue abis2an..katanya bangga he he he….dapet hadiah juga deh….orang bilang dulu waktu kecil gue tuh kecil,mungil,imut2,lucu dan centil he he he…..apalagi ortu gue ..huh..senengnya minta ampun .Nah..dari situ gue mulai PD nyanyi..dan nekunin.Tahun 1994 gue lulus SD dan mulai duduk di bangku SLTP(SLTP N 1 Sumber,Rembang).Cawu pertama gue dapet ranking satu parallel,dan dapet beasiswa sekolah selama satu tahun .seneng juga sih..bisa ngringanin beban ortu.he he he….gue tetep sama bandel,nakal,cerewet nggak pernah ilang dari dalam diri gue…gue akalin dulu.kalo di depan orang banyak gue ngak pernah belajar. Tapi kalo sendirian baru gue pegang buku.Biar dibilang……makanya orang dan temen2 pada bilang katnya gue nggak pernah pegang buku tapi kok..lumayan pinter he he he….kok jadi sombong nih gue..nggak de ng..Cuma nginget 2 masa2 itu aja kok….padahal mereka nggak ngerti kalo malem mau ulangan harian gue wayangan ..semalem nggak tidur di depan buku.kayak KUTU BUKU kali ya..hua ha ha ha…..

Kelas 2 SLTP gue parah2 nya jadi supercerewet.guru2 gue aja sampek geleng2 kalo liat ulah tingkah gue…sama jug ague lebih seneng temenan ma COWOK ketimbang CEWEK….tahu knpa ya…kayaknya asyik banget gitu lho temenan ma COWOK..biasanya COWOK kan lebih bisa nyimpen rahasia dari pada CEWEK yang suka NGEMBER kali ye he he he……temen2 yang main ke rumah gue aja rata2 COWOK semua .sampek kadang diomelin nyokap…dikirain ada papa gitu he he he..tapi gue cuek aja….emang gue pikirin ..toh yang penting gue nggak ngapa2in aja kok….Nah..kelas 2 SLTP gue mulai kenal ma mahluk yang namanya “COWOK CAKEP “he he he he…..tambah centil he he he….lucuuuuu banget ..ya…namanya juga cinta monyet…..hi hi hi..tapi rasanya jadi semangant banget sekolahnya..kelas 2 SLTP gue udah aktif di OSIS….seru juga sih…..dari cinta monyet itu,sayang banget nggak kesampeian ..sama2 malu hi hi hi..

Kelas 3 SLTP gue malah makin parah..suka telat sekolah mulai..tapi gue anti banget ma yang namanya BOLOS.biarpun gue anaknya super bandel.Tapi alkhamdulillah nggak mempengaruhi pelajaran gue di sekolah..Tahun 1997 gue lulus SLTP ,resmi jadi penduduk SMA.huh..nakal2 nya gue waktu itu.temenan aja kalo nggak cakep dan kaya gue nngak malu….he he he..dulu sih..tapi sekarang mah nggak lagi ..hi hi hi….temen2 gue masih tetep sama COWOK.di situ gue terkenal banget sebangai anak yang nakal,cerewet,bandel dan suka ngerjain orang,tapi pinter (ya..pinter ngerjain orang itu tadi h ehe he)…

Tapi kelas 1 SMA gue udah aktif di OSIS ..ya…Anehnya lagi ,,,,semua penghuni sekolah gue udah pada tahu kalo gue kayak gitu ..eh..pas pemilihan KETUA OSIS kelas 2 kok malah gue yang dicalonin.gue ngakak aja…”Orang kayak gue kok,dicalonin,ntar kalo jadi beneran,anak buahnya kayak apa?’celetuk gue waktu itu. Eh..guru2 ma temen2 gue malah pada bilang katanya biar gue TOBAT.kalo jadi pemimpin kan otomatis kudu bisa jadi contoh .he he he..saat PEMILU di sekolah..gue mah nyantai2 aja. kalo nggak jadi malah kebeneran kok.Pas penghitunag suara temen gue yang paling dapet saura terbanyak.tapi bagian belakang kok..nama gue yang disebut2..gue panic banget waktu itu.takut jadi ketua OSIS beneran dan nggak bisa bebas lagi kayak kemaren2 hi hi hi…..

Nah..setelah semua kelar..ternyata suara terbanyak adalah gue..”Aduh ….mampus gue..”celetuk gue saat tahu kalo gue bener2 jadi seorang ketua OSIS.karna dukungan dari temen2 juga banyak banget ternyata.Sejak itu gue mulai latihan tanggung jawab.Udah gitu Pembina OSIS gue KILER nya setengah mati,nggak pernah ada kecocokan ma gue..adanya Cuma berantem tiap hari..sampek satu sekoalh itu tahu semua kalo gue nggak begitu akur ma Pembina OSIS.Pokoknya dia tuh suka nyari2 kesalahan gue .

Kalo misalnya bikinproposal2 kegiatan aja ,mesti dipersulit.tapi gue anaknya emang bandel..ya..gue biarin aja…Nah..pada saat yang bersamaan,sekolah gue dapet kesempatan untuk ikut penataran pengurus OSIS se Jawa Tengah tahun 1998 di GOR Jati Diri Semarang.gue ma sekretaris yang ikut bersama 2 sekolah lain di Rembang. Wah..seru abis deh…soalnya kan anak2 pilihan semua .udah gitu cakep2 lagi..he he he..aduh jadi malu nih kalo inget nya…waktu itu penataranya selama 5 hari.jadi ya…lumayan lah..buat cuci mata he he he he…banyak banget yang gue dapet dari situ…..tambah banyak pengalaman deh pokoknya…udah gitu kalo waktunya makan….gue ma temen2 dari sekolah2 lain mesti sukanya duduknya bersebelahan ma anak COWOK hua ha ha..bukanya cari2 perhatian sih..

Cuma ya..itu tadi gue lebih seneng ma anak COWOK..asyik aja gitu…Pada kelas yang sama(kelas 2) gue ikut juga saka Bhayangkara di Rembang,tiap min ggu sore..huh….funky abis…ma polisi2 muda he he he….yang jadi Pembina…..gue nakal banget tuh…suka ngerjain kakak Pembina ma kakak BANTARA yang udah senior.pernah juga pas abis lebaran di pantai taman Kartini Rembang kan rame banget tuh..ya udah dari pada nganggur gue ngikut aja ma temen2 saka COWOK jadi tukang parker selama 3 hari..hasilnya lumayan juga sih….tapi menurut gue bukan soal hasilnya dapet berapa.tapi buat gue ada kepuasan batihn tersendiri lah he he he..pokoknya nggak bakalan lupa deh masa2 itu…..udah gitu sering lagi ikut ngadirin seminar2.he he he..kayak orang penting aja nih….hi hi hi….

Nah..parahnya pas gue jadi ketua OSIS,waktu ada pertandingan2.mesti orang sekampung sekolana gue ajak semua.naek motor ngebut2an…temen2 gue pada bilang katanya”tenang aja ada ketua kita di sini”apa nggak parah tuh….abis pertandingan temen2 gue ,gue larang untuk cepet2 pulang.mesti gue ajak ngeluyur sana sini..buntut2 nya ya..pulang malem..kadang gue suka diomelin ma nyokap..tapi…gue paling2 Cuma nyengir doang….hua ha ha ha…pokoknya hari2 gue aktu itu ceria terus deh..ornag guru2 gue di sekolah aja pada bilang katanya gue nggak pernah susah….pada hal mereka nggak ngerti kalo hati gue saat itu lagi remuk di dalem…tapi gue pinter nyembunyiin nya h ehe he…biarpun susah payah ,tapi alkhamdulillah gue bisa ngelarin tanggung jawab setahun selama gue jabat jadi KETUA OSIS .

Nah..akhir kelas 2, sekolah gue kedatengan guru2 cakep dan keren banget deh.Apalagi guru FISIKA nya yang dari SMU 3 Semarang..wah…bahenol and sexi abis deh..udah gitu pinter lagi..sejak saat itu gue jatuh cinta banget ma yang namanya pelajaran FISIKA,bahkan sampek sekarang gue masih seneng kok he he he he….Guru kedua yang cakep adalah guru tata Negara ma sejarah..aduh..,orang TASIK MALAYA..ganteng abis….tapi sayang dah punya bini ma anak bo’yaaa…nggak jadi nge LIMIT deh hua ha ha kachian deh gue he he he…..tapi nggak papa ,Cuma buat tambah semangat belajar aja kok.sebenere pas kenaikan dan tujuan penjurusan gue pengen ke IPS aja,biar bisa deket ma guru cakep tadi..tapi sayang keputusna para guru ,gue mesti masuk ke IPA.Paling gue ketemunya Cuma 2 jam pelajaran seminggu,karna Cuma pelajaran sejarah aja dia masuk kelas 3 IPA.tapi ..gitu aja gue udah seneng banget kok.rasanya semangat kayaknya.apalagi kalo mo ulangan ..wah…belajarnaya rajinnyaaaa..minta ampun abis kan maulu ma guru cakep..kalo hasil ulangan kita jelek he he he.makanya tiap abis ulangan sejarah mesti hasilnya 10 hua ha ha…biasalah……

Nah….sekitar pertengahan kelas 3 SMA aada lomba sayembara mengarang tingkat nasional..gue manfaatin aja ma temen gue.main ikut aja ,kebetulan yang jadi guru pembimbingnya kan guru cakep tadi..biar deket2 ma beliau gitu deh..he he he….ya dah..gue ma temen gue nekad ikut…pura2 aja nanya ini ,nanya itu,padahal mah nggak aa masalah apa2 hua ha aha..ya..cari2..gitu deh….dan gue sama sekali ngak ada harapan untuk menang.soalnya kan tingkat nasional..kayaknya impossible bvanget deh…ya dah ..akhir agustus naskah gue kirim ma temen via pos.seneng banget atuh…he he he…Gue pikir juga udah berlalu gitu….eeeh….bulan November awal,kok malah gue dapet pangagilan dari Jakarta katanya naskah karangan gue masuk nominasi 6 besar se Indonesia.gue kaget bnegt waktu dipanggil kepala sekolah..”Apa gue ngimpi ya?” pikir gue.tapi gue diem aja ,nggak ngasih tahu temen2 di kelas.Eh..lama2 mereka pada denger sendiri sampek satu sekolah tahu semua.Aakhirnya sekitar tanggal 7 november gue ma gueru cakep gue berangkat ke Jakarta untuk final presentasi lomba.

DUuuhh..temen2 gue sampek pada ngiri gara2 gue jalan baerng ma guru cakep..he he he he…..Naek bis ke semarang,nah..ada yang lucu nih..kalo guru cakep gue tidur,gue yang njagain,..nah..gue mah manfaatin aja selagi orangnya lagi tidur.gue pandangin abis2an tuh wajah MACHO hi hi hi….nginep di semarang semalem,karna dapet tiket keretanya pagi buta.keesokan harinya kita meluncur ke Jakarta..eh..ternyata malah diajak nginep ke tempat nyokap bokap nya dulu di JATIBENING BEKASI he he he..duh..senengnya ngak ketulungan deh….gue nggak bisa konsen ma materi buat presentasi lomba malah cengar cengir sndiri,kalo inget.pagi hariPagi harinya kita ke gedung pendidikan nasional Jakarta untuk daftar ulang.dan ternyata gue dapet nomer undi 5 dari 6 peserta final lomba.abis di situ gue ketemu ma finalis2 lain..aduh..gue DOWN banget..soalnya dari penampilan mereka ,kayaknya pe de banget gitu he he he..sedangkan gue apa lah..hi hi hi…abis itu kita nginep di hotel sekitar DEPDIKNAS Jakarta situ.walah2..temen2 kenalan gue yang ngeliat guru cakep gue malah cekaka cekikik di kamar mlulu.bukannya bahs soal materi yang akan di presentasikan besok..eh..malah bahs guru gue yang cakep itu he he he..jadinya ya..malam hari H yang seharusnya buat persiapan final lomba ,kita gunakan untuk ngerumpi sana sini.waktu itu gue satu kamar ma anak2 Jogja.dan kebetulan waktu itu yang jadi finalis dari Jawa semua..Jawa Tengah 3(gue ma temen gue cowok dari SMU2 Semarang,ma yang satu lagi temen gue cewek dari SMU2 Brebes),2 orang dari Yogyakarta,masing2 cewek cowok dan yang teraklhir dari Jawa Timur(SMU 2 Lamongan).

Pas hari H..aduh tegang banget gue…gmn nggak tegang..tingkat nasional ..terus ngadepin orang2 pinter ok.peserta diskusinya ternyata anak2 pelajar pilihan Jakarta(SMULab School dll)terus yang jadi dewan juri udah proffesor2 semua. Nah…sistemnya kita presentasi dulu tentang naskah karangan kita.istilahnya ya…kita mesti bias mempertanggungjawabkan isi naskah yang kita bikin itu.abis itu acara diskusi.jadi audiens berhak untuk melemparkan pertanyaan apa aja ma kita..jadi ya..di depan kita bias nggak bisa kudu ngomong dan jawab semua pertanyaan.kayak dibantai pertanyaan gitu deh he he he he…Nah..ada hal unik yang gue lakuin saat gue presentasi….Gue kan grogi banget kalo diliat ma guru cakep gue saat presentasi ..ya udah ..guru cakep gue ,gue suruh keluas saat gue presentasi,dengan alas an grogi..hi hi hi..guru cakep gue Cuma njitak kepala gue aja…katanya kok ada2 aja he he he…kagetnya lagi ternyata para peserta final lomba udah nyiapin alat2 bantu untuk mempermudah jalanya presentasi.kayak kertas2 transparanbuat OHP dan lain2 .sedangkan gue Cuma modal mulut dioang.tapi gue coba cuek aja he hehehe….

Yang lebih lucu lagi..moderator gue yang dardi SMU 5 Jakarta saat berlangsungnya diskusi malah ngajakin gue ngobrol mlulu .pada hal di depan umum ..gue rasanya pengen ketawa,kayak mimpi deh gue waktu itu….setelah final lomba berakhir kita istirahat untuk liat pameran di alntai bawah sembari nunggu keputusan dewan juri.ya..kita foto2 terus tuker2 pengalaman ma pelajar2 jakarta.seru juga sih…Abis itu hasil lomba pun diumumin.Wah..deg2an nya minta ampun…malu juga kalo sampek dapet nomer terakhir,biarpun dari pihak sekolahan gue ngak nuntut untuk menang.waktu itu diumumin dari belakang ..kok bukan gue ..gue dikit lega..paling nggak jangan sampek dapet juara bontot deh eh eh ehe…juara hatrapan 2 bukan gue..aduh..tambah mau copot nih jantung he he he…juara harapan 1 juga bukan gue..wah…perasan gue nggak bisa dikatain lagi deh..berarti gue masuk 3 besar…ternyata bener dugaan gue..gue dapet juara 3 .wah..spontan gue netesin air mata..karna bener2 nggak nyangka.guru cakep gue aja sampek nangis karna saking senengnya…apalagi yang nyerahin hadiah piala dan segala macemnya bagi juara 3 besar adalah mentri pendidikan nasional (Bp.Yahya Muhaimin waktu itu ,tahun 1999).aduh..kayak mimpi deh.

Bangga juga sih berkesempatan untuk jabat tangan ma bapak mentri he he eh heAbis itu kita nginep lagi di Jati Bening ,terus baru pulang ke Rembang.Semua pada rame ngomongin gue..aduh..gue jadi malu he he he…Tahun 2000 gue lulus SMA .umur gue waktu itu 17 tahun..jadi belom usia kerja..pertama gue nyoba ikut tes masuk kuliah di STIS(Sekolah Tinggi Ilmu Statistik).tapi nggak keterima.akhirnya nyoba nyari kerja sana sini..dari ujung timur smpek ujung kulon..tapi ngnak ada keterima.karna usia gue amsih 17 tahun.nyari sana sini nggak dapet2 akhirnya maret 2001 gue masuk ke PJTKI Semarang..mendekam kurang lebih 8 bulan akhirnya berangkat juga tepatnya November 2001 .ya..itulah gue terdampar di Hong Kong sampwk sekarang…gue Cuma pengan ngraih cita2 gue ma nyenengin ortu gue.gue pengen mereka masa tua mereka dengan baik itu aja…byeeeeeeee…… []



Pokoknya pesen gue say no to “DRUG and FREE SEX” OK?!




Saturday, October 20, 2007

ALIYAH PURWATI

0 komentar: