Senin, 18 Februari 2008

Asyik di Pembuatan VCD Perkawinan

Lagi-lagi pernikahan menjadi hal yang sangat menarik untuk diperbincangan dalam berbisnis. Ada banyak sisi yang bisa dibidik untuk sekadar bisa mengembangkan usaha dan pastinya meraup banyak keuntungan dari sana. Diantaranya adalah mengabadikan dalam VCD dengan merekamnya pada kamera video.


Pendapatan yang menjanjikan itulah yang mendorong Tony Indrawan membuat Citaentertainment melebarkan sayapnya di bisnis pembuatan VCD perkawinan.

Cita Entertainment berdiri sekitar tahun 2002. Awalnya, hanya menangani jasa pemotretan untuk acara pesta saja.

’’Dulu awalnya saya hobi motret, kemudian ada permintaan untuk syuting perkawinan teman. Karena saya tidak punya handycam akhirnya saya cari-cari pinjaman,’’ ungkap Tony Indrawan pemilik Cita Entertainment.

Dari beberapa kali order syuting perkawinan, Tony kemudian membeli handycam sendiri seharga Rp 3,5 juta dan komputer seharga Rp 4 juta.

Uniknya, Tony tidak pernah belajar secara khusus bagaimana mengambil gambar yang bagus dengan handycam. Semua dipelajarinya secara otodidak.

’’Saya hanya beli buku-buku saja dan belajar dari sana. Bahkan untuk memberi efek pada VCD awalnya saya belajar sendiri dari komputer sewaan dan ternyata saya bisa,’’ terangnya.

Kini bisnis yang dijalani Tony berkembang pesat. Tak hanya melayani pembuatan VCD perkawinan, ia juga bisa membuat VCD profil perusahaan, hingga pembuatan video klip.

’’Saya pernah iseng-iseng membuat video klip dangdut ternyata hasilnya cukup bagus,’’ sambungnya.

Untuk lebih menguatkan pasar, sejak setahun yang lalu Tony getol mengikuti pameran dan menjalin kerjasama dengan pemilik usaha paket-paket pernikahan.

Sejak bekerjasama dengan mereka, Tony mengaku kebanjiran order. Untuk sekali pembuatan VCD Tony mematok harga yang paling murah mulai Rp 750 ribu hingga Rp 3,5 juta.

’’Yang membedakan adalah teknik dan editan gambar. Yang termahal menggunakan efek komputer dengan tingkat kesulitan tinggi sehingga hasilnya bagus,’’ urainya.

Tony kemudian menunjukkan contoh editan dengan efek terbaik yakni misalnya gambar bisa berputar-putar, berjalan ke kiri dan kekanan, ditambahkan efek-efek seperti berada di awan dan masih banyak lagi.

Saat musim kawinan seperti bulan-bulan Syawal dan besar, dalam seminggu Tony setiap hari bisa menerima order di dalam maupun di luar kota Surabaya.

Selain VCD perkawinan, Tony juga masih menangani pembuatan VCD profil perorangan atau perusahaan. Hingga kini VCD yang sudah diproduksi oleh Cita Entertainment diantaranya adalah membuat VCD profil Wakil Gubernur Jawa Timur Soenarjo dan Waka POLDA Jatim, dan juga telah menangani pembuatan video dan foto profil Bandara Juanda Baru. Hal inilah yang menjadi kebanggaan Cita Entertainment.

Dan sekitar tahun 2005 Tony bekerjasama dengan beberapa rekan bisnisnya membidik peluang yang lebih menjanjikan, yaitu event dan wedding organizer. Oleh karena itu ia saat ini dibawah bendera Cita Entertainment saat ini lebih menfokuskan pada pelayanan untuk pernikahan secara lengkap.

Jasa yang di tawarkan diantaranya adalah MC [presenter], Electon, Gambus, Nasyid, Sound System, Lighting, Video Shooting dan Profil, Foto, Dekorasi, Studio Band dan Rekaman.

’’Mungkin kami masih belum lama menangani even pernikahan, akan tetapi kami mempunyai pengalaman dan integritas di bidang entertainment sudah sejak lama,’’ tandas pria asal Surabaya tersebut dengan mantapnya. [KD]


jenis usaha: pembuatan VCD perkawinan
modal awal: Rp 7,5 juta
omzet per bulan [musim pernikahan]: Rp 5 – Rp 7 juta
strategi pemasaran: melengkapi kebutuhan customer dan bekerjasama dengan partner bisnis lainnya yang mendukung
kiat sukses: belajar dan belajar

0 komentar: