Jumat, 09 Oktober 2009

Proses Pembuatan Marning

Membuat marning sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit. Berikut ini langkah-langkahnya:

[1] Mula-mula jagung pipilan yang sudah kering dibersihkan dari kotoran, kemudian direndam selama semalam.

[2] Jagung direbus selama 1 - 2 jam, atau setelah ada butiran jagung banyak yang merekah barulah jagung diangkat. Saat perebusan, bubuhkan sedikit garam atau bumbu.

[3] Jagung diangkat dan ditiriskan, setelah dingin sebaiknya dicuci dengan air bersih sambil dihilangkan angkup- (kulit ari)-nya.

[4] Pengeringan. Kunci utama supaya marning rasanya enak dan renyah sebetulnya adalah pada proses pengeringan/penjemuran. Waktu menjemur harus telaten membolak-mbalik butiran jagung sehingga keringnya bisa merata. Ujar Catur.

[5] Butiran jagung rebus yang telah kering siap digoreng. Saat penggorengan nyala api harus stabil supaya marning bisa masak dengan merata. Bila jagung tidak betul-betul kering hasilnya marning banyak yang menjadi keras, jadi tingkat kekeringannya-pun nantinya sangat menentukan kualitas marning. ’’Saya sendiri kalau menjemur marning biasanya sampai 3 hari, sehingga hasilnya bisa maksimal, dan lagian bila jagung betul-betul kering, waktu penggorengan tidak terlalu banyak makan minyak,’’ utur Catur. [PUR]

0 komentar: