Kamis, 10 Januari 2008

Beternak Tawon: Omzetnya Rp 30 Juta/Bulan

Ini bisnis yang benar-benar manis. Hasilnya dijamin manis. Namanya pun madu! Tetapi, beternak tawon ternyata tak hanya menghasilkan madu.


Anda berpikir bahwa beternak tawon mesti diam di suatu tempat? Untuk skala amatiran, seperti yang dilakukan orang-orang kampung yang hanya memelihara 1 hingga 5 koloni, masing-masing dikandangkan di dalam sebuah kotak [glodhogan], memang tak perlu dibawa ke mana-mana. Tetapi, peternak tawon atau lebah profesional yang memiliki ratusan, bahkan ribuan koloni, mesti menggembalakannya, bahkan sampai ke pulau seberang.

Hariyono SE [30] menekuni bisnis ternak tawon/lebah yang dirintis orangtuanya, TS Gunawan [55], sejak 1979 lalu. Sejak kecil ia suka bermain-main dengan tawon, dan itulah yang sering membuat sang ibu jengkel karena khawatir si kecil tersengat. Seperti pepatah, ’’Bermain air basah....’’ Hariyono kecil pun berkali-kali disengat lebah. Tetapi, pengalaman disengat lebah tidak membuatnya kapok.

’’Ya, memang sering disengat. Mula-mula ya sakit dan bengkak-bengkak seperti pada umumnya orang yang kena sengat lebah. Tetapi lama-kelamaan tubuhnya membentuk semacam antibodi sehingga menjadi kebal,’’ tutur TS Gunawan yang mendampingi Hariyono saat ditemui Peduli di pusat bisnis tawon-nya Jl Raya Lawang, Malang, Jawa Timur.

Inovasi

Bahkan, setelah mengantongi ijasah sarjana dari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mandala Surabaya, Hariyono tetap saja memilih melanjutkan bisnis beternak tawon. Berbagai inovasi pun lahir dari pebisnis muda yang enerjik ini, yang, bahkan telah mengantongi Asean Best Executive Award 2003 – 2004 dan 2005 -2006, serta Asean Best Executive Citra Award 2006.

Salah satu inovasinya adalah memroduksi sendiri madu propolis [propolis infeksi dan propolis alergi], sebelumnya lebih dikenal sebagai produk impor yang diedarkan dengan sistem multylavel marketing [pemasaran berjenjang].

Mulai memroduksi madu propolis 1985 untuk memasok pasar luar negeri [Malaysia dan Singapura]. ’’Pada waktu itu pasar dalam negeri tampaknya memang belum mengenal produk ini,’’ tutur Hariyono, ’’karena itu kami menjualnya ke luar negri melalui agen. Maksudnya, bukan kami yang secara langsung menangani pemasaran di luar negri itu. Tetapi, kini justru pasar dalam negri lebih banyak menyerap produk ini, dan kirim ke luar negri pun tetap jalan seperti biasa.’’

Tergantung Bunga

Tawon atau lebah mendapatkan sumber makanannya dari bunga. Karena itu, beternak tawon secara profesional tidak bisa menetap hanya di satu tempat secara terus-menerus. Di mana ada banyak bunga, ke sanalah tawon itu dipindahkan. Sistem ini disebut Hariyono sebagai sistem angon atau penggembalaan. Jadi, bukan hanya bebek, kambing, atau sapi yang bisa digembalakan. Tawon pun bisa, dan bahkan harus digembalakan. Jika itik, kambing, sapi, dan sejenisnya bisanya digembalakan di sekitar kandang mereka, maka menggembalakan tawon sering harus menempuh jarak ratusan kilometer. Hariyono telah menggembalakan tawonnya di seluruh Pulau Jawa, dan bahkan juga ke Pulau Bali.

’’Jadi, begini, nggak perlu harus beli lahan. Seandainya kita nggak punya lahan pun, misalnya rumahnya di Surabaya, nggak masalah. Jadi kalau beternak lebah ini sistemnya angon [menggembala, Red] ya berpindah-pindah. Kalau pas nggak ada bunga ya pindah ke tempat lain yang ada bunganya. Sistemnya ya sewa lahan aja. Kalau musimnya bagus bisa 3 bulan, kalau musim bunga nggak bagus ya kadang hanya satu bulan saja. Kalau yang nggak ngerti mengira beternak lebah itu seperti beternak ayam. Di suatu lahan khusus, pakannya didatangkan. Lebah nggak begitu,’’ terang Hariyono.

Produk madu pun ditentukan oleh lingkungan di sekitar lahan yang disewa. Misalnya di lingkungan tanaman randu [pohon kapuk] ya madunya dinamai Madu Randu. Ada pula Madu Kelengkeng, yang harganya lebih mahal daripada Madu Randu.

Selain tergantung bunga yang diambil oleh si tawon/lebah, madu dari lanceng [lebah dari jenis kecil-kecil] harganya jauh lebih mahal ketimbang madu tawon biasa.

Jenis Lebah

Ada 3 jenis lebah yang dibudidayakan oleh Hariyono, yakni Lebah Australia, Lebah Lokal [tawon madu biasa], dan Lanceng. Lebah Australia kapasitas produksinya paling tinggi atau jumlah madunya lebih banyak, tetapi harganya juga paling murah. Sedangkan lanceng produksinya sedikit, tetapi harga madunya paling mahal. Secara pasti, menurut Hariyono produksi madu sulit dihitung karena benar-benar tergantung pada ketersediaan bunga. Tetapi kalau dikira-kira, berkisar antara 0 – 30 kg/koloni/bulan.

Jika Anda mau menyoba atau belajar beternak, beli bibitnya pun dilayani. Harganya berkisar antara Rp 15.000 – Rp 300.000 per koloni [satu kotak]. Harga itu ditentukan oleh besar-kecilnya koloni dan jenis lebahnya.

Dari menjual berbagai jenis produk dari ternak tawonnya, Hariyono bisa meraup pendapatan Rp 30 juta/bulan. Lebih dari itu, seperti diakui Hariyono, ada rasa senang ketika bisa menularkan ilmunya, terutama kepada masyarakat di sekitar lahan yang disewa, dan tak sedikit di antara mereka tertarik untukmenggeluti bisnis yang menghasilkan madu ini.
’’Kita selalu pakai tenaga-tenaga lokal di tempat kita sewa lahan, dan mereka sekaligus bisa belajar beternak tawon secara modern,’’ tutur Hariyono.

Apa sih, bedanya beternak tawon cara modern dan cara tradisional? Menurut Hariyono, yang paling prinsip adalah cara pengambilan madunya. Cara tradisional, mengambil madu dengan cara diperas, sehingga sarang lebah itu tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh si lebah. Sedangkan cara modern mengunakan sparator, yakni alat yang bisa mengambil madu tanpa merusak sarang dengan gaya turbulensi. Setelah madu terambil, sarang itu dikembalikan lagi ke kotak pemeliharaan.
Perbedaan lainnya adalah sistem angon itu, yang merupakan tuntutan mutlak ketika jumlah koloni semakin banyak. Sebab, jika dalam kurun waktu tertentu lebah ditempatkan di lahan yang disekitarnya tidak tersedia bunga yang cukup, mereka akan berpindah sendiri ke tempat lain alias bubar! [PUR]

24 komentar:

perlebahan mengatakan...

pengin ternak tapi lahanya sudah tidak imbang dengan populasi lebah, harga madupun tidak sesuai dengan manfaat madu itu sendiri, kasihan untuk golongan menengah ke bawah. kejaaamm

perlebahan mengatakan...

madu randu dari bunga randu, madu karet dari ketiak daun karet. madu ketela dari batang daun ketela. adakah madu tebu yang berasal dari batang pohon tebu pak ?

blog psikologi mengatakan...

makasih infonya menarik

Abdul Kholiq mengatakan...

informasi yang sangat menarik, saya pengen sekali berternak madu, apa ada manual booknya, kalau ada aku mau donk, email ericsagita@gmail.com.

terima kasih banyak

Anonim mengatakan...

kalo disana jual book/sarang buatannya tolong informasinya berapa harganya kirim ke alamat email saya
inzaghi_arya@yahoo.com/03434850562


terimakasih

Anonim mengatakan...

Saya Deli di MEdan.
Tlg dong info beli bibit dan sarana prasarana untuk memulai usaha ternak lebah ini, kirim ke email saya delibiru2010@gmail.com

Ingan mengatakan...

Mohon info, dimana kami boleh dapat bibit lebah? ingan@togatorop.com

Anonim mengatakan...

alamat n kontak personnya?bpk???

Anonim mengatakan...

Minta alamat n kontak personnya,ya pak????

Anonim mengatakan...

saya Agus ada di papua, minta info edukasinya cara memindahkan/memper banyak lebah ke tempat boks yang lain. Thanks
Krim ke emael. rahayucell16@yahoo.co.id

ali semedi mengatakan...

asslamua'laikum wr wb
kini kami sdh mencoba tawon kampung, alhadulillah sudah punya 14 kotak. tapi kini bingung bagaimana cara pemasaran yang contiu? untuk pengembangan tawon kampung kami insalla menguasai dari segi musim dalain sebagainya''mungkin kita bisa bekerjasama ''. wassalamualaikum.

ali semedi mengatakan...

assalamua'laikum wr wb
kami ali agung semedi di jepara
kini kami sudah mempunyai 14 kotak tawon kampung. kami punya masalah dalam pemasaran, mungkin anda bisa membantu kami?

Anonim mengatakan...

saya mau ternak lebah untuk infonya .kee-mail ditaprint_sby@ymail.com

Anonim mengatakan...

Pak, Saya tertarik untuk pengobatan sengat lebahnya..saya liat di Trans TV siang ini..sy mo nanya apa ada cabang di Jakarta? Mohon info ke saya dendy_yunus@hotmail.com / 0817888811

robbanta mengatakan...

Minta info untuk membeli bibit dan sarana penunjangnya. makasih

Anonim mengatakan...

Menarik dan sangat memotivasi. Mungkinkah untuk beternak di surabaya atau "angon" disurabaya ?

Kalau tidak keberatan, mohon informasi lebih detailnya dialamatkan ke cakbeta@yahoo.com.

Terima Kasih banyak sebelumnya, sukses selalu.

Anonim mengatakan...

Saya beta di surabaya.
Informas menarik & memotivasi.
Mungkinkah beternak di surabaya atau "angon" disurabaya?

Kalau tidak keberatan, mohon dikirim informasi beternak lebah lebih detail ke alamat cakbeta@yahoo.com

Terima Kasih banyak sebelumnya dan sukses selalu.

Anonim mengatakan...

saya tertarik sekali untuk ternak lebah, namun saya pemula dan tidak mengerti caranya. Apa saya bisa beli koloni lebahnya. Maaf bisa saya akan bawa ke lampung, saya sendiri skrg tinggal di Jakarta. Bagaimana caranya ?

Anonim mengatakan...

saya sangat tertarik ternak lebah. bagaimana caranya ? apa saya bisa beli bibitnya, bagaimana caranya ?
perlu diketahu, rencananya kalau bisa dipenuhi saya akan berternak di Lampung, skrg saya tinggal di jakarta.

Tifer_medan@yahoo.com

Terima Kasih atas jawabnya.

hendra wijaya mengatakan...

sy kepingin banget beternak madu,gimana gara mendapat bibitx?mohon bantuanx trims.hendra.amel@ymail.com

hendra wijaya mengatakan...

mohon bantuanx cara ternak lebah dan gimana cara dapatkan bibit lebah

Unknown mengatakan...

mohon info untuk bibit dan kotak lebah, alamat wyn_mrn@live.com lokasi bangli bali, terima kasih atas bantuannya

lensa mengatakan...

sukses beternak tawon dan sukses membuat konsumen yang yg membeli madunya sehat konsumsi madu tawon

adislopedia mengatakan...

pengen dong beternak lebah... klo berkenan info bibit dan cara budidaya lengkap ke http://www.facebook.com/phamans