Sabtu, 23 Agustus 2008

Ditelepon Cewek, Rp 10 Juta Amblas

BOJONEGORO - Modus penipuan melalui ponsel terus berkembang. Setelah beberapa waktu lalu santer beredar SMS (sort message service) yang berisi iming-iming hadiah puluhan juta rupiah. Kini, para pelaku tak segan-segan langsung menelepon calon korbannya. Seperti yang dialami Stevanus Semianta, warga Jalan Rajalawi Bojonegoro.


Informasi dari Polres Bojonegoro menyebutkan, peristiwa itu terjadi Jumat (22/8). Ketika itu korban menerima telepon dari seorang cewek bernama Amanda. ''Cewek itu mengaku sebagai staf bagian informasi sebuah perusahaan telekomunikasi nasional di Surabaya,'' ujar salah seorang petugas Polres Bojonegoro kemarin (23/8).

Menurut petugas, saat itu Amanda menginformasikan bahwa korban mendapatkan hadiah uang tunai Rp 35 juta dan sebuah motor. Hadiah-hadiah itu sebagai ucapan terima kasih perusahaan telekomunikasi tersebut kepada korban sebagai pelanggan.

Lantas, korban yang juga seorang pendeta itu diminta datang ke mesin ATM (autamic metchine teller) salah satu bank terkemuka yang ada di Bojonegoro. Tanpa curiga, korban mengikuti panduan Amanda melalui ponselnya. Namun, saat ia memeriksa kembali saldo di rekeningnya, ternyata berkurang hampir Rp 10 juta. Merasa tertipu, korban lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polres Bojonegoro.

Kabag Bina Mitra Polres Bojonegoro Kompol Kusen Hidayat membenarkan adanya laporan kejadian tersebut. Untuk menemukan pelaku, lanjut Kusen, pihaknya berusaha menelusuri pemilik nomor rekening sebagaimana laporan korban. Juga, nomor ponsel yang digunakan pelaku saat menghubungi korban. ''Menurut pengakuan korban, nomor rekening penerima transfer itu atas nama Andul Rahman,'' terang Kusen. (dim)

Radar Bojonegoro [ Minggu, 24 Agustus 2008 ]

0 komentar: