Jumat, 15 Agustus 2008

Diperdaya Lewat ATM, Uang Ilham Rp 36 Juta Amblas

Muhammad Aminudin – detikSurabaya

Malang - Modus penipuan dengan memperdaya korbannya melalui ATM sebuah bank kembali terjadi di Malang, Jawa Timur. Akibatnya, uang sebesar Rp 36 juta milik Ilham Bakti (53) habis dikuras sang penipu.



Penipuan dengan modus ini terjadi pada Ilham Bakti(53), warga Jalan Borobudur Agung Timur, Blimbing, Kota Malang. Dia menjadi korban penipuan dari calon pembeli mobil Honda Jazz miliknya yang akan dijualnya melalui iklan di sebuah surat kabar.

Pelaku yang mengaku bernama dr Agung asal Surabaya ini menelepon korban dan memastikan akan membeli mobil miliknya yang akan dijual.

Untuk menyakinkan korban, pelaku siap mentransfer uang muka sebesar Rp 7 juta sesuai kesepakatan. Pelaku menghubungi korban melalui nomor telpon yang tercantum pada iklan penjualan mobil.

"Kita disuruh datang ke ATM untuk mengetahui uang telah ditransfer," ujar Ilham pada petugas kepolisian saat melaporkan kasus ini ke Mapolresta Malang Jalan Jaksa Agung Suprapto Malang, Jumat (15/8/2008).

Namun, pada saat hendak mengecek saldo, korban pada waktu itu menyuruh istrinya untuk datang ke ATM BCA Jalan Ahmad Yani, mendadak pelaku menghubungi melalui pesawat telpon.

Pelaku melalui nomor telpon 081386053641 meminta istri korban mengikuti perintahnya dengan menggunakan akses transfer melalui ATM.

Kesempatan itu ternyata digunakan pelaku untuk menguras uang dalam rekening korban. "Saat saldo diperiksa, uang 36 juta dalam rekening kami hilang," imbuh Ilham.

Bersamaan juga nomor HP pelaku sudah tidak lagi dapat dihubungi.

Sementara ini Polresta Malang masih melakukan penyelidikan modus baru penipuan melalui ATM ini. (bdh/bdh)

Detik, Sabtu, 16/08/2008 01:11 WIB

0 komentar: