Minggu, 19 Mei 2013

Komunitas Pekerja Migran di Hong Kong

Belajar Gratis di Shiny Creative


BMI Hong Kong sepertinya tidak pernah lelah untuk terus berkarya dan berinovasi sesuai bidangnya masing-masing. Ini sudah terbukti dengan banyaknya organisasi atau komunitas. Saat ini muncul lagi sebuah komunitas yang di prakarsai oleh beberapa BMI yang tergabung di kelas jarak jauh Universitas Ciputra, atau yang lebih dikenal dengan sebutan UCDE (Universitas Ciputra Distance Education). Mereka memberi nama grup-nya Shiny Creative.


Saat ini Shiny Creative mempunyai anggota tetap sekitar 25 orang, dan mereka bebas berkegiatan apa saja, tidak terikat dengan jadwal group. Kebebasan itulah yang membuat mereka terlihat kompak dan santai. ”Kami tidak mengikat dalam hal keanggotaan, juga dalam hal berkegiatan. Karena dengan memberi mereka kebebasan, bisa membuat mereka leluasa dalam berkarya dan menuangkan ide-ide baru," ujar Ketua Shiny Creative, Anik Hernawati.

Selain belajar ketrampilan dan komputer, di Shiny Creative kita juga bisa belajar tentang perawatan kulit wajah (facial), atau mencoba ber-facial agar kulit muka terlihat segar dan alami.

Karena lokasi ngumpul mereka yang tidak tetap,kadang di Causewaybay, kadang di Saiwanho maka kalau ada group lain yang ingin belajar bersama, mereka bersedia diundang.

”Kami siap di undang untuk belajar bersama bagi teman-teman yang tinggalnya agak jauh dari Causeway Bay, mari kita gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mencari tambahan ilmu," ajak Anik Hernawati.

Shiny Creative juga terbuka untuk BMI yang ingin belajar membuat akun di Facebook, nge-Blog, YouTube dan juga belajar untuk membuat/mendesain Olshop (toko online). Untuk belajar komputer ini mereka juga tidak memungut biaya alias gratis.

”Kami hanya ingin membagikan ilmu yang sudah kami dapat selama ini, dengan cara belajar bersama, berdiskusi bila ada yang belum diketahui," ujar Anik Hernawati.

Yang bertanggung jawab untuk kelas kerajinan di Shiny Creative ialah Artini, yang mengajarkan kerajinan tas anyam dari bahan tali kor. Artini juga bersedia membagi ilmunya dalam hal jahit-menjahit, bila ada yang berminat belajar menjahit. Untuk belajar tas anyam Artini tidak mematok harga. Bagi yang sudah punya bahan tali kor, bisa membawanya dan menemui Artini untuk belajar. Dan untuk yang belum punya bahan dan tidak tahu tempat membelinya, mka Artini pun siap untuk membantu membelikanya.

"Di sini saya murni ingin berbagi, sehingga saya tidak memungut biaya untuk teman-teman yang ingin belajar, yang berminat silakan datang dan saya siap berbagi ilmu," tutur Artini yang mulai mengajar ketrampilan tas anyam pada Mei 2012 ini.

Group ini di dirikan oleh 4 BMI yaitu Adhyma Rahardjo, Sinta, Artini, dan Anik Hernawati, November 2012 . Semula mereka hanya berkumpul untuk mengerjakan tugas jarak jauh tersebut, kemudian berinisiatif untuk menambah kegiatan seperti membuat kerajinan, dan juga membagikan ilmunya ke teman-teman yang lain.

”Karena setelah mengerjakan tugas kelas, kami masih punya banyak waktu luang ketika libur, dan kami ingin mengisinya dengan belajar ketrampilan, juga menerima bila ada teman-teman yang bertanya mengenai tugas di kelas jarak jauh UCDE, atau bertanya seputar menggunakan komputer," jelas Anik Hernawati, ketua Shiny Creative. [aqu]


MAU BERGABUNG?

Untuk belajar dan menambah pengetahuan memang tidak bisa di batasi tempat dan status, biarpun kita hanya pekerja migran di sektor rumah tangga, tidak ada salahnya bila kita memiliki ilmu setara dengan mereka yang mengenyam pendidikan lebih tinggi.

Bagi yang ingin bergabung dengan Shiny Creative bisa mengontak:
-Anik Hernawati, Telepon: 98576732, Facebook: Nick Manggo.
-Artinim Telepon: 63811407. Facebook: Ani Ninek.
Atau silakan gabung di group Facebook: Shiny Creative.

3 komentar:

Ani Ramdhan mengatakan...

Selamat berkarya Mbak. Semoga semakin banyak BMI yang bergabung belajar bersama ! :)

Unknown mengatakan...

terimakasih yang tak terkira semoga kami berempat tetap kompak untuk saling berbagi,,,terimakasih banyak telah menuliskan tentang kegiatan kami di waktu senggang kami saat berlibur dan buat majalah peduli serta semua admin juga sahabat BMI semua "berbagi itu indah" apalagi berbagi sesuatu yg sangat bermanfaat....semoga peduli semakin berkibar dan maju,,,terimakasih atas kepeduliannya...dan perhatiannya untuk menyebarkan sesuatu yang baik bagi kita semua di rantau..

Unknown mengatakan...

amin terima kasih semoga kita bisa menggunakan waktu libur dengan kegiatan yang positif dan saling berbagi ilmu dan pengetahuan mbk Ani Ramdhan