Kamis, 10 Januari 2008

Eni Kusuma Penulis Buku Anda Luar Biasa!!!


Setelah 6 tahun jadi TKI di Hong Kong, perempuan mungil asal Banyuwangi ini pulang ke tanah air untuk seterusnya sejak 25 Februari 2007 lalu. Sejarah penting pun ia ciptakan di awal-awal come back-nya. Tak tanggung-tanggung, sekaligus tiga sejarah ia ciptakan. Apa saja?

Beberapa bulan ini, wajah dan profil putri bungsu pasangan M. Yasin [60] dan Asfia [55] ini menjadi ’’santapan’’ sejumlah media massa. Pemilik nama asli Eni Kusumawati yang lahir di Banyuwangi, 22 Agustus 1972, ini pun telah tampil di sejumlah stasiun televisi.

Itu terutama terkait dengan terbitnya buku karangan Eni—panggilan Eni Kusumawati—berjudul Anda Luar Biasa!!! April 2007 lalu. Buku tersebut disebut-sebut sebagai buku motivator pertama yang lahir dari tangan seorang [mantan] pekerja rumah tangga [PRT] yang bekerja di luar negeri.

Sebagaimana judulnya, Anda Luar Biasa!!!, isi buku tersebut ternyata memang luar biasa. Dari sejumlah endorsment yang diberikan oleh beberapa orang yang cukup dikenal—sebagian seorang motivator—di buku tersebut, antara lain dapat diketahui bobot buku karya alumnus SMAN 1 Banyuwangi [kini SMAN 1 Glagah] ini. Semuanya menilai buku tersebut luar biasa dan dahsyat.

Pengakuan atas bobot buku Eni juga datang dalam Festival Sastra Buruh 2007 di Kampung Seni Bagus Putu Parto di Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, 30 April 2007—1 Mei 2007 lalu. Darmono Saputro yang jadi salah seorang pembicara—mewakili kepala Subdin Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Provinsi Jawa Timur yang berhalangan hadir—menyebut buku karya Eni memang luar biasa.

Menikah

Senin, 2 April 2007 menjadi hari istimewa karena hari itulah warga Jalan Belitung 21 Banyuwangi ini melepas masa lajangnya, menikah, dan menghilangkan keperawanannya dengan lelaki yang kini menjadi suaminya, Hisam [30], yang juga asal Banyuwangi.
Proses pertemuan hingga pernikahan adik dari Puji Rahayu Astuti [38] dan Ani Sulistyorini [35] ini dengan suaminya Hisam yang seorang karyawan perusahaan mebel kualitas ekspor ini boleh dibilang cukup unik juga. Ada kisah mirip-mirip juga dengan novel Siti Nurbaya. [Baca Nikah atau Enggak, Keputusan Ada di Bandara]. [KUS]

2 komentar:

Abdul rahman mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,

saya ingin mengatakan bahwa,
Mba Eni Anda sangat luar biasa...
ya sangat luar biasa.

saat membaca artikel tentang Mba Eni saya merasa merinding...

sangat di luar pemikiran saya...

Buat sahabat ini hidup,
orang besar tidak terlahir langsung besar tapi berawal dari orang bukan siapa-siapa lalu menjadi siapa-siapa.

terimah kasih untuk semuanya.
klo ada kesempatan saya ingin sekali bedialok dengan Mba Eni.

Ida Raihan mengatakan...

Yupz Ida udh baca. Baguuuuuus...

Eh? itu tahun kelhirannya salah kali Pak? Masa tahun 72? Perasaan beliau kelahiran thn 80-an?